ABSTRAK
Pelayanan kesehatan primer telah mengalami beberapa perubahan dan peningkatan sistem untuk memperbaiki kapasitas pelayanannya agar lebih efektif, berkualitas, seragam dan aman. Di Indonesia, dalam rangka mewujudkan Universal Health Coverage (Cakupan Kesehatan Semesta) pada tahun 2019, pemerintah melakukan berbagai penguatan pelayanan kesehatan baik di fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun tingkat rujukan yaitu melalui mekanisme akreditasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran kesiapan akreditasi Puskesmas berdasarkan Pokja UKM di Puskesmas Kolono Kecamatan Kolono Kabupaten Konawe Selatan pada tahun 2018. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen. Teknik analisis data menggunakan teknik content analysis menurut Bungin. Hasil penelitian menunjukkan, Pokja UKM Puskesmas Kolono pada standar UKM yang berorientasi sasaran dilaksanakan melalui penetapan jenis kegiatan UKM berdasarkan kebutuhan dan harapan sasaran atau masyarakat melalui kotak saran dan kotak kepuasan serta temu muka dengan lintas sektor, lintas program maupun masyarakat itu sendiri. Standar kepemimpinan dan manajemen UKM dilaksanakan melalui pemenuhan persyaratan kompetensi bagi penanggung jawab dan pelaksana UKM berdasarkan urain tugas yang ditetapkan oleh Kepala Puskesmas Kolono dan peningkatan kompetensi penanggung jawab maupun pelaksana UKM Puskesmas Kolono dilaksanakan melalui pelatihan-pelatihan peningkatan kompetensi sedangkan untuk standar sasaran kinerja UKM dilaksanakan melalui peningkatan mutu dan kinerja berdasarkan kegiatan UKM esensial seperti upaya Promkes, Kesling, Gizi masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, KIA, dan UKM pengembangan seperti upaya kesehatan jiwa dan bina kesehatan kerja dan olahraga. Hal tersebut menunjukkan bahwa Pokja UKM Puskesmas Kolono telah siap akreditasi berdasarkan standar pelaksanaan akreditas Puskesmas.
Kata Kunci : Kesiapan Akreditasi, Puskesmas, Kelompok Kerja UKM, Pelayanan Kesehatan Primer.
|