ABSTRAK Sujasmin, 2019. Analisis Penguasaan TIK Guru, Kompetensi Guru, Minat Belajar Siswa, Keterampilan Berpikir Logis Siswa, dan Hubungannya dengan Prestasi Belajar Kimia. Hasil Penelitian Program Studi Pendidikan IPA Konsentrasi Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Halu Oleo, Pembimbing: (1) Dr. Fahyuddin, S.Pd., M.Si, (II) Dr. Prima Endang Susilowati, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguasaan teknologi informasi dan komunikasi guru, kompetensi profesional guru, kompetensi pedagogik guru, minat belajar siswa, keterampilan berpikir logis siswa dan hubungannya dengan prestasi belajar kimia siswa SMA negeri di Kabupaten Kolaka Timur. dengan melibatkan 10 orang guru dan 200 orang siswa sebagai responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan uji statistik dan inferensial dengan menggunakan rumus analisis regresi multivariat. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan TIK guru kimia tergolong sedang sebesar 60. Kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik tergolong rendah dengan nilai rata-rata berturut-turut sebesar 37,42 dan 54,23, minat belajar siswa tergolong sedang dengan nilai rata-rata 68,64, Keterampilan berpikir logis tergolong rendah dengan nilai rata-rata 2,96, dan prestasi belajar siswa tergolong tinggi dengan nilai rata-rata 73,57. Hasil analisis regresi multivariat menunjukkan secara simultan ada pengaruh penguasaan TIK, kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, minat belajar dan keterampilan berpikir logis terhadap prestasi belajar kimia siswa. Akan tetapi secara parsial hanya variabel minat belajar dan keterampilan berpikir logis siswa yang berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMA kelas XI di Kabupaten Kolaka Timur. Pengaruh kedua variabel tersebut sebesar 0,15 dan 0,31.
Kata Kunci : Penguasaan TIK, Kompetensi Guru, Minat belajar, berpikir logis, dan Prestasi Belajar Kimia.
|