ABSTRAK
Supiati (2018). “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Menara Angka di Kelompok A TK Nurul Jannah kec. Wangi-wangi Kab. Wakatobi”. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Pembimbing pertama bapak Husain Ibrahim, dan pembimbing kedua bapak Muamal Gadafi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah melalui permainan menara angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan di kelompok A TK Nurul Jannah Kec. Wangi-wangi Kab. Wakatobi? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan melalui permainan permainan menara angka pada siswa Kelompok A TK Nurul Jannah kec. Wangi-wangi kab.wakatobi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada dua siklus, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik pada kelompok A TK Nurul Jannah wanci yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri atas 6 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan dengan rentang usia 4-5 tahun. Berdasarkan hasil belajar anak dalam meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan melalui permainan menara angka pada siklus I diperoleh peresentase ketercapaian sebesar 66,66% atau 8 anak didik dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan peresentase ketercapaian sebesar 93,33% atau 11 anak didik dari 15 anak. Berdasarkan hasil analisis data dari aktivitas mengajar guru pada siklus I sebanyak 14 aspek diperoleh peresentase ketercapaian sebesar 71,43% atau 10 aspek yang tercapai. Sedangkan pada siklus II hasil aktivitas mengajar guru meningkat menjadi 92,86% atau 13 aspek yang tercapai. Pada aktivitas belajar anak didik pada siklus I dari 14 aspek diperoleh peresetase ketercapaian sebesar 64,29% atau 9 aspek yang tercapai. Sedangkan aktivitas belajar anak pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,71% atau sebanyak 12 aspek yang tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan melalui permainan menara angka di kelompok A TK Nurul Jannah dapat di tingkatakan melalui kegiatan menyusun menara angka.
Kata Kunci : kemampuan kognitif, konsep bilanga, menara angka.
|