ABSTRAK
Wa Nur Siti Mania (2018). “Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Metode Eksperimen di Kelompok B5 TK Kartika XX-46 Kendari”. Jurusan Pendidikan Guru- Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo Kendari. Pembimbing pertama Ibu Salwiah, dan pembimbing kedua Ibu Dorce Banne Pabunga.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, “Bagaimana meningkatkan kemampuan kognitif melalui metode eksperimen di kelompok B5 TK Kartika XX-46 Kendari,” Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui metode eksperimen di kelompok B5 TK Kartika XX-46 Kendari.
Subjek dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, Tahap-tahap dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu (1) perencanaan, (2) Tindakan/pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian adalah guru dan anak TK Kartika XX-46 Kendari.
Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru melalui metode eksperimen pada siklus I diperoleh presentase keberhasilan sebesar 85,7%. sedangkan siklus II presentase keberhasilan aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi sebesar 92,9%. Pada aktivitas belajar anak siklus I presentase keberhasilan sebesar 71,4% sedangkan presentase keberhasilan aktivitas belajar anak siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,7%.
Berdasarkan analisis data sesuai dengan standar nilai untuk indicator hasil belajar anak baik secara individual maupun klasikal dikatakan berhasil apabila memperoleh 85% , kategori berkembang sangat baik (BSB) atau berkembang sesuai harapan (BSH). Hasil penelitian dalam meningkatkan kemampuan kognitif melalui metode eksperimen pada siklus I sebesar 55%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85%. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif di kelompok B5 TK Kartika XX-46 Kendari
Kata Kunci : kemampuan kognitif, metode eksperimen
|