ABSTRAK
Wa Ode Nanang Nurdiana (A1B1 14 082), pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap penyesuaian sosial siswa di lingkungan sekolah SMP Negeri 8 Konawe Selatan. Dibimbing oleh Nani Restati Siregar, S.Psi, M.Si sebagai pembimbing I, dan Alber Tigor Arifyanto, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penyesuaian sosial siswa di lingkungan sekolah kelas VIII SMP Negeri 8 Konawe Selatan melalui bimbingan kelompok. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen, desain one-grup pre-test and post-test. Hipotesis penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap penyesuaian sosial siswa di lingkungan sekolah SMP Negeri 8 Konawe Selatan. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket penyesuaian sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penyesuaian sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Konawe Selatan mengalami peningkatan sebesar 20,09% setelah diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan Wilcoxon signed rank dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh P=0,05 diperoleh Pvalue = 0,012. Pvalue ˂ α (0,012 ˂ 0,05) dengan demikian H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap penyesuaian sosial siswa di lingkungan sekolah kelas VIII SMP Negeri 8 Konawe Selatan.
Kata kunci: Penyesuaian sosial, bimbingan kelompok
|