Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Siswa Pada Pelajaran IPA Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pasikolaga

ABSTRAK

HELKI ASTIKA (A1C213118), Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar pada Pembelajaran IPA Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Siswa Kelas VIII di SMP Negeri I Pasikolaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dasar siswa pada materi Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Pasikolaga. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pasikolaga yang tersebar dalam 2 kelas, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIa dengan jumlah siswa 19 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIb dengan jumlah siswa 19 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains, lembar observasi KPS, lembar observasi siswa dan lembar observasi guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) analisis deskriptif untuk memberikan gambaran tentang keterampilan proses sains. (2) analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis deskriptif secara keseluruhan indikator keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen adalah 81,05 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yakni 76,31. Jika ditinjau dari masing-masing indikator keterampilan proses sains yang mudah dipahami oleh siswa pada model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah indikator menggolongkan dengan nilai rata-rata sebesar 3,84 dan yang paling sulit adalah indikator mengkomunikasikan dengan nilai rata-rata sebesar 2,73, sedangkan pada strategi model pembelajaran langsung indikator keterampilan proses sains yang mudah di pahami adalah indikator menggolongkan dengan nilai rata-rata sebesar 3,78 dan yang paling sulit adalah indikator mengkomunikasikan dengan nilai rata-rata sebesar 2,21. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thit 2,15 > ttab 1,69 pada tingkat signifikan 95%, menunjukkan ada pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa.


Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains Dasar, Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Helki Astika - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Biologi
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Biologi
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xi,48 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...