ABSTRAK
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PENGGUNA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI BLUD RUMAH SAKIT KONAWE SELATAN
Resti Astuti
K1A114039
Kualitas pelayanan kesehatan merupakan upaya pemenuhan pelayanan kesehatan yang dapat memenuhi kebutuhan pasien yang diberikan oleh tenaga medis, paramedis, dan penunjang medis. Keunggulan pelayanan kesehatan yang diberikan meliputi aspek bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Berdasarkan observasi lapangan yang telah dilakukan peneliti didapatkan beberapa pendapat pasien tentang pelayanan yang didapatkan di BLUD Rumah Sakit Konawe Selatan. Pada observasi tersebut ada beberapa pasien yang menyatakan pelayanan rumah sakit sudah baik atau puas terhadap pelayanan yang diberikan. Sedangkan ada juga pasien yang menyatakan pelayanan yang diberikan biasa saja mungkin karena pasien JKN. Pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui pendapat pasien rawat inap pengguna JKN terhadap kualitas pelayanan kesehatan yang didapatkan selama dirawat inap di BLUD Rumah Sakit Konawe Selatan dengan menilai tingkat kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien pengguna Jaminan Kesehatan Nasional di BLUD Rumah Sakit Konawe Selatan.
Penelitian ini menggunakan metode analitik-observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien pengguna Jaminan Kesehatan Nasional yang di rawat inap di BLUD Rumah Sakit Konawe Selatan dari bulan Maret – April 2018 dengan populasi sebanyak 94. Dengan jumlah sampel 61 sampel diambil dengan menggunakan metode accidental sampling. Data tentang kualitas pelayanan dan kepuasan pasien diperoleh melalui kuesioner. Analisis data dengan menggunakan metode uji korelasi rank spearman dan dianggap bermakna jika p
|