ABSTRAK
YUSUF (A1A1 14 081) telah melakukan penelitian dengan judul “Pola Pendidikan Anak Pada Masyarakat Nelayan di Desa Lagasa Kecamatan Duruka Kabupaten Muna”. Dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. La Taena, M.Si Selaku pembimbing I dan Bapak Dr. Edy Karno, S.Pd., M.Pd Selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pendidikan anak pada masyarakat Nelayan di Desa Lagasa Kecamatan Duruka Kabupaten Muna. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. melakukan triangulasi dengan melakukan observasi dan wawancara dengan tetangga, anak dan Tokoh masyarakat sekaligus subjek. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola pendidikan anak pada masyarakat Nelayan di Desa Lagasa Kecamatan Duruka Kabupaten Muna adalah Pada pola pendidikan demokratis orang tua akan mendorong anak agar mandiri tetapi masih menetapkan batas-batas atas tindakan-tindakan anak. Pada pola pendidikan permisif orang tua terlibat dalam kehidupan anak, tetapi menetapkan sedikit batas atau kendali terhadap anak. Dan pola pendidikan otoriter Anak harus mematuhi peraturan-peraturan dan tidak boleh membantah, Orang tua cenderung memberikan perintah dan larangan terhadap anak, dan anak hanya sebagai pelaksana.
Kata kunci: pola pendidikan, anak, masyarakat nelayan.
|