ABSTRAK
Machmud Gazali Solo,E1A1 13 018.“Studi Kinerja Operasional dan pelayanan Kapal Rakyat Rure Maligano-Laino di Kabupaten Muna”.Dibimbing oleh Dr. Ir. La Ode Muh. Magribi, MT. selaku pembimbing I dan La Welendo, ST., MT selaku pembimbing II
Kabupaten Muna yang wilayahnya sebagian berada di daratan Pulau Buton, transportasi laut dengan kapal rakyat rute Maligano – Laino merupakan salah satu moda yang digunakan masyarakat untuk menunjang kegiatan sehari hari, salah satunya yaitu kecamatan Maligano. Operasional penyeberangan Maligano – Laino salah satu sub-sistem dari sistem angkutan laut nasional,dimana pelabuhan maligano merupakan salah satu titik sentral pergerakan perjalanan pelayaran masyarakat yang bermukim di kepulauan Buton untuk menuju kota Raha Kab. Muna. Pelayaran rakyat ini merupakan kapal - kapal yang terbuat dari bahan kayu dan fiberglass yang menggunakan alat penggerak. Pelayaran rakyat yang beroperasi di Pelabuhan Maligano terdiri dari kapal kecil, sebagai pelayaran rakyat. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis sistem kinerja operasional dan pelayanan kapal rakyat rute Maligano Laino, hasil penelitian menunjukan bahwa kapal rakyat Maligano – Laino terdiri dari 5 buah kapal kecil yang terbuat dari fiber dan kayu dengan ukuran 5-6 GT dengan jarak tempuh selama 1 jam pertrip yang terdiri dari KM. Satria Jaya dengan frekuensi perjalanan 4 kali dalam sehari dengan nilai Load Factor 38,36% per trip, KM. Maligano Star dengan ferkuensi perjalanan 2 kali dalam sehari dengan nilai load factor 54,19% per trip, KM. Rembulan dengan frekuensi perjalanan 2 kali dalam sehari dengan nilai load factor sebesar 76,13% per trip, KM. Mutiara dengan frekuensi perjalanan sebanyak 2 kali dalam sehari dengan nilai load factor sebesar 74,93% per trip, KM. Primadona dengan frekuensi perjalanan 2 kali dalam sehari dengan nilai load factor sebesar 53,67% per trip. Analisis pelayanan kapal rakyat Maligano-Laino Kab. Muna dilakukan dengan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil peneletian diperoleh nilai indeks kepuasan rata-rata pengguna jasa kapal rakyat Maligano – Laino terhadap 15 (lima belas) faktor pelayanan diperoleh KM. Satria Jaya dengan indeks kepuasan sebesar 69,82%, KM. Maligano Star dengan indeks kepuasan sebesar 70,15%, KM. Rembulan dengan indeks kepuasan 67,42%, KM. Mutiara dengan indeks kepuasan 68,75%, dan KM. Primadona dengan indeks kepuasan 64,37%.
Kata Kunci: Kinerja Operasional dan Pelayanan Kapal Rakyat, customer satisfaction index (CSI)
|