ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil keterampilan metakognitif dan miskonsepsi peserta didik kelas X MIPA di Kota Kendari pada materi dinamika partikel. Konsep dinamika partikel yang diteliti mencakup konsep kinematika, hukum I Newton, hukum II Newton, hukum III Newton, prinsip superposisi, dan macam-macam gaya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dan deskripsi kuantitatif dengan sampel penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA di sebelas SMA Negeri di Kota Kendari dengan menggunakan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Sampel penelitian berjumlah 238 orang peserta didik pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes essay, tes FCI three tier test dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih rendahnya keterampilan metakognitif peserta didik dan adanya sejumlah miskonsepsi pada konsep-konsep dinamika partikel. Profil keterampilan metakognitif peserta didik kelas X di Kota Kendari berada pada kategori keterampilan metakognitif rendah yang ditunjukkan oleh rata-rata pencapaian tiap aspek keterampilan metakognitif yang masih dibawah skor maksimal, dengan skor tertinggi S 4. Dari hasil penelitian diketahui bahwa rendahnya keterampilan perencanaan menyebabkan rendahnya keterampilan monitoring dan evaluasi. Keterampilan metakognitif rendah merupakan penyebab miskonsepsi peserta didik, dimana profil miskonsepsi pada peserta didik kelas X di Kendari dikategorikan sebagai miskonsepsi sedang. Konsep hukum kedua Newton dan hukum ketiga Newton adalah konsep yang dominan terjadi miskonsepsi. Nilai tertinggi pada FCI three tier test diperoleh S 1.
Kata kunci : keterampilan metakognitif, miskonsepsi, dinamika partikel
|