Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas VD SDN 01 Baruga

ABSTRAK

Rina Wulandari. (A1B3 14 074), “Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas VD SDN 01 Baruga”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Pembimbing: (1) Drs. Ahid Hidayat, M.Hum dan (2) Mansyur M, S.Pd., M.Pd.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya keterampilan menulis siswa. Rendahnya keterampilan menulis siswa karena dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional dan masih ada siswa yang kurang aktif, serta masih menggunakan kata yang belum tepat dalam menulis. Salah satu model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran adalah pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1.Keterampilan menulis siswa, 2.Pengaruh pendekatan saintifik terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas VD SDN 01 Baruga.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Grup Pretest-Posttest Design. Alur dalam penelitian ini adalah kelas yang digunakan untuk penelitian diberikan pretest, setelah itu dilanjutkan dengan pemberian perlakuan yaitu pendekatan saintifik, kemudian diberikan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 01 Baruga, dengan teknik sampling jenuh maka diperoleh kelas VD sebagai kelas penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes yaitu berupa pemberian instrumen tes keterampilan menulis siswa yang berupa soal uraian. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif pada pretest diperoleh nilai rata-rata sebesar 65,94 dan pada posttest diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,33. Sedangkan hasil analisis inferensial sebelum dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t satu sampel (One Sample Test) dilakukan uji prasyarat yaitu normalitas. Data yang digunakan dalam uji normalitas dan uji hipotesis berbentuk skor Normalized Gain (N-Gain). Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh data N-Gain keterampilan menulis siswa berdistribusi normal karena nilai Sig. = 0,093 > 0,05, dengan ɑ= 0,05. Karena data berdistribusi normal, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t satu sampel (One Sample Test) dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 24,179 sedangkan nilai ttabel adalah 2,024. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa kelas VD SDN 01 Baruga.

Kata kunci: pengaruh, pendekkatan saintifik, keterampilan menulis.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Rina Wulandari - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Guru Sekolah Dasar
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PGSD
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,50 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...