ABSTRAK
Amir (G2J1 16 011). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berdasarkan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Keterampilan Proses Sains pada Materi Tekanan Zat Cair Peserta Didik Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Konawe
Pembimbing: I) Dr. H. Safilu, M.Si, II) Dr. Ir. Muh. Yuris, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui dan menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan proses sains peserta didik materi tekanan zat cair; 2) mengetahui dan menganalisis pengaruh pola asuh orang tua terhadap keterampilan proses sains peserta didik materi tekanan zat cair; 3) Mengetahui dan menganalisis pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan pola asuh orang tua terhadap keterampilan proses sains peserta didik materi tekanan zat cair. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi experiment dengan desain pretest-postest control grup design dengan faktorial 2x3. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik propotional sampling, terpilih sekolah MTs. Al- Ikhlas Amberi dengan 40 peserta didik: 11 peserta didik pola asuh otoriter, 15 peserta didik pola asuh demokratis dan 14 peserta didik pola asuh permisif, dan sekolah MTs Al-Ikhlas Meraka dengan 40 peserta didik: 18 peserta didik pola asuh otoriter, 12 peserta didik pola asuh demokratis dan 10 peserta didik pola asuh permisif. Data penelitian diperoleh melalui : tes KPS dalam bentuk soal pilihan ganda, tes tersebut telah diujicobakan dan memenuhi kriteria tes standar (valid dan reliabel). Data dianalisis menggunakan Microsoft Excel 2010 dan SPSS 21 pada α = 0,05. Hasil analisis data menunjukkan: 1) rata-rata N-gain KPS peserta didik yang belajar melalui model PBL = 0,55 lebih tinggi dibandingkan konvensional = 0,41 dengan uji hipotesis menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model PBL terhadap KPS peserta didik materi tekanan zat cair yang ditujukkan dengan dengan nilai α < 0,05 atau sebesar 0,000; 1) rata-rata N-gain KPS peserta didik pola asuh demokratis = 0,64 lebih tinggi dibandingkan pola asuh permisif = 0,39 dan pola asuh otoriter = 0,38 dengan uji hipotesis menunjukkan ada pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua terhadap KPS peserta didik materi tekanan zat cair yang ditujukkan dengan dengan nilai α < 0,05 atau sebesar 0,000; 3) Tidak ada pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan pola asuh orang tua terhadap keterampilan proses sains peserta didik materi tekanan zat cair yang ditunjukkan dengan α > 0,05 atau sebesar 0,331
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Pola Asuh Orang Tua, Keterampilan Proses Sains
|