ABSTRAK
Anjar Septiana (A1A1 14 001) Judul “Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Ekonomi Siswa di SMA Negeri 3 Kendari”. Dibimbing oleh: Dr. Ramly, M.Pd dan Dr. Muliha Halim, M.Si. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar ekonomi. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari siswa SMA Negeri 3 Kendari. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 118 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument yang dikembangkan sendiri oleh peneliti.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar ekonomi siswa SMA Negeri 3 Kendari seperti ditunjukan koefisien determinasi sebesar r2 = 0,119 yang berarti 11,9% variasi yang terjadi pada hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh variasi disiplin belajar siswa. Semakin tinggi disiplin siswa dalam belajar, maka semakin tinggi hasil belajar siswa, sebaliknya semakin rendah disiplin siswa dalam belajar siswa, maka semakin rendah pula hasil belajar siswa di SMA Negeri 3 Kendari.
Kata Kunci: Disiplin Belajar, Hasil Belajar Ekonomi.
|