ABSTRAK
Ahmad iji (G2J1 16 031), Penerapan Strategi Metakognisi pada Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Materi Biologi SMA Kelas XI. Tesis, Program Studi Pendidikan IPA Konsentrasi Biologi Universitas Halu Oleo. Pembimbing: (I) Dr. Jahidin, S.Pd., M.Si. (II) Dr. Sri Ambardini, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terintegrasi strategi metakognisi terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kendari dan SMA Negeri 5 Kendari serta untuk mengetahui perbedaan hasil keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa antara siswa yang menerima pembelajaran dengan penerapan strategi metakognisi melalui model PBL dengan siswa yang menerima pembelajaran model PBL tanpa dipadu strategi metakognisi dan pembelajaran metode scientific. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kendari dan SMA Negeri 5 Kendari tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian berjumlah 198 siswa yang ditentukan secara acak. Rancangan penelitian mengacu pada rancangan penelitian eksperimen semu pretest-postest nonequivalent control group design. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Kruskal-Wallis dengan nilai α 0,05 pada peningkatan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir tingkat tinggi menunjukkan bahwa nilai Sig. sebesar 0,000 < nilai α = 0,05. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa H0 ditolak, artinya pembelajaran model PBL terintegrasi strategi metakognisi berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis maupun keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran Biologi kelas XI SMA Negeri 2 Kendari dan SMA Negeri 5 Kendari. Selanjutnya dengan uji lanjut Mann-Whitney U Test diperoleh hasil bahwa penerapan strategi metakognisi melalui model PBL lebih baik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dibanding penerapan pembelajaran model PBL tanpa dipadu strategi metakognisi dan pembelajaran metode scientific dengan nilai Sig. 0,000 < α 0,05.
Kata kunci: Berpikir, PBL, metakognisi, scientific
|