Pilih Bahasa  
Book's Detail
Kemampuan Mengiidentifikasi Nilai-Nilai Dan Isi Yang Terkandung Dalam Hikayat Ibnu Hasan Pada Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 3 Kendari

ABSTRAK

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam hikayat Ibnu Hasan pada siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Kendari? Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Kendari dalam mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam hikayat Ibnu Hasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Kendari 2017/2018 dengan jumlah siswa 188 dan ditarik sampel sebanyak 50% atau 94 siswa dari jumlah populasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah berupa tes tertulis mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam hikayat Ibnu Hasan.
Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Kendari tahun ajaran 2017/2018 dalam mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam hikayat dari 94 orang siswa yang menjadi sampel penelitian, terdapat 84 siswa atau 89,36% berkategori mampu secara individu dalam mengidentifikasi nilai-nilai dan isi hikayat karena memenuhi kriteria ketuntasan minimal 75%, dan 10 siswa atau 10,63% berkategori belum mampu secara individu dalam mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam hikayat karena tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal 75%. Sedangkan kemampuan siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Kendari tahun ajaran 2017/2018 dalam mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam hikayat termaksud dalam kategori mampu secara klasikal karena presentase kemampuan siswa telah mencapai lebih 85% yaitu 89,36%. Dari delapan aspek yang dijadikan ukuran kemampuan siswa terbagi menjadi dua kategori kemampuan yakni dua kategori mampu (menentukan isi hikayat aspek tokoh dan penokohan 96,80%, dan menentukan amanat 93,61%), dan enam kategori belum mampu yakni (menentukan isi hikayat aspek alur 80,85%, menentukan nilai-nilai hikayat aspek menentukan nilai pendidikan 55,31%, menentukan nilai agama 63,82%, menentukan nilai moral 77,65%, menentukan nilai budaya 39,36%, dan menentukan nilai sosial 70,21%).

Kata kunci: kemampuan, identifikasi, nilai-nilai, isi hikayat

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Hernaningsih Rifai - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Bahasa Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend.Bahasa Indonesia
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xii,77 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...