ABSTRAK
NINI KARLINA (A1B1 14 071), Layanan bimbingan kelompok terhadap etika komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negerei 07 Kendari. Dibimbing oleh Aspin S.Ag, M.Si, sebagai pembimbing I, dan Alber Tigor Arifyanto S.Pd, M.Pd, sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap etika komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 07 Kendari. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket etika komunikasi interpersonal. Skor angket pretest siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok termaksud dalam kategori rendah yaitu 63.715 %,sedangkan setelah diberi layanan bimbingan kelompok skor angket hasil posttest siswa termaksud dalam kategori tinggi 77,304 % hal tersebut menunjukan bahwa pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap etika komunikasi interpersonal siswa meningkat menjadi 13%. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan wilcoxon signed rank dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh P_value = 0,005. P_value< α (0,005 < 0,05) dengan demikian H_0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap etika komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 07 Kendari.
Kata kunci: etika komunikasi interpersonal siswa, bimbingan kelompok
|