Pilih Bahasa  
Book's Detail
Meningkatkan Kemampuan Seni Rupa Anak Melalui Media Clay Di Kelompok B-2 TK Hang Tuah Perwakilan Kendari

ABSTRAK
ETI SETIAWATI (2018).“Meningkatkan Kemampuan Seni Rupa Anak Melalui Media Clay di Kelompok B-2 TK Hang Tuah Perwakilan Kendari”. Jurusan Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Pembimbing I Dr. Hj. Aisyah, S.Pd,. M.Pd dan Pembimbing II Muamal Gadafi S. Ag., M. Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan seni rupa anak melalui media clay di kelompok B-2 TK Hang Tuah Perwakilan Kendari? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan seni rupa anak melalui media clay di kelompok B-2 TK Hang Tuah Perwakilan Kendari. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas. Tahapan dalam penelitian ini yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi dan (4) refleksi.Subjek dalam penelitian ini adalah anak di kelompok B-2 TK Hang Tuah Perwakilan Kendari, yang berjumlah 26 anak yang terdiri atas 13 anak didik laki-laki dan 13 anak didik perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun.
Berdasarkan analisis data hasil tentang kemampuan belajar anak dalam upaya meningkatkan kemampuan seni rupa dalam pembelajaran melalui penggunaan media clay menunjukan adanya peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan pada hasil belajar anak sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Sebelum tindakan/observasi awal diperoleh persentase sebesar 35% dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 58%. Pada siklus II diperoleh persentase sebesar 96%.
Berdasarkan analisis data hasil aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 67% atau 10 aspek dari 15 aspek yang diamati. Siklus II persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 93% atau 14 aspek dari 15 aspek yang diamati. Data hasil aktivitas belajar anak pada siklus I persentase ketercapaian sebesar 64% atau 9 aspek dari 14 aspek yang diamati. Pada siklus II aktivitas belajar anak mengalami peningkatan menjadi 93% atau 13 aspek dari 14 aspek yang diamati. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan seni rupa anak dapat ditingkatkan dengan menggunakan media clay di kelompok B-2TK Hang Tuah Perwakilan Kendari.

Kata kunci: Kemampuan Seni Rupa, Media Clay.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Eti Setiawati - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Anak Usia Dini
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PG-PAUD
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiv,109 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...