ABSTRAK
Mustamin (G2O1 16 069). 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara. Di bawah bimbingan H. M. Yazid A.R.G selaku pembimbing I dan I Ketut Suardika selaku pembimbing II
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa, meningkatakan aktivitas guru, dan meningkatkan aktivitas siswa melalui penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle pada materi menceritakan pengalaman pribadi yang paling menyenangkan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan kurang efektifnya model pembelajaran yang digunakan. Data yang digunakan dari penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi penilaian aktivitas guru dan siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar keterampilan berbicara siswa yang bersumber dari guru dan siswa mulai dari pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi sampai refleksi. Kesimpulan dari penelitian ini baik dari segi proses, maupun aktivitas guru dengan menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 84,62%, sedangkan siswa telah mencapai 84,62%. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama sebesar 42,86%, pertemuan kedua sebesar 57,14%, dan pertemuan ketiga mencapai 64,29% meningkat pada siklus II menjadi 64,29% pertemuan pertama, 78,57% pertemuan kedua, dan meningkat pada pertemuan ketiga sebesar 85,71%. Sedangkan aktivitas siswa siklus I 42,86% pada pertemuan pertama, 57,14% pertemuana kedua, 71,43% pada pertemuan ketiga meningkat pada siklus II pertemuan pertama 57,14%, pertemuan kedua 71,43%, dan pertemuan ketiga mencapai 85,71%. Dari segi hasil keterampilan berbicara siswa siklus I sebesar 54,17% dengan rata-rata 66,25% meningkat pada siklus II menjadi 87,5% dengan rata-rata 74,38%.
Kata kunci: Model Pembelajaran Inside Outside Circle, Keterampilan Berbicara.
|