ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi yang tepat dan menghasilkan keuntungan yang optimum bagi produsen tepung tapioca dengan menggunakan game theory dari produk Rose Brand, Alini, dan Rumah kelinci. Dimana game theory merupakan suatu model matematika yang digunakan dalam situasi konflik atau persaingan antara berbagai kepentingan yang saling berhadapan sebagai pesaing. Masing-masing produsen harus mengetahui sejauh mana tingkat kompetitifnya terhadap competitor dalam meraih pangsapasar, sehingga diperlukan suatu strategi pemasaran yang tepat untuk produk tersebut. Langkah pertama dalam menyelesaikan masalah ini yaitu melakukan penyebaran kuesioner kemudian melakukan uji validitas dan realibitas, kemudian mengolah data dengan metode game theory, menentukan strategi optimal, menginterpretasi secara rinci hasil pengolahan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa Rose Brand unggul lebih banyak dibandingkan dengan Alini dan Rumah Kelinci yaitu cocok digunakan untuk banyak jenis makanan, memiliki kualitas yang baik desain produk menarik, nama produk mudah diingat dan dikenali, dapat ditemukan di supermarket, dan iklan ada di televisi dan di brosur2.
Kata Kunci: Tepung Tapioka, Metode Game Theory, Strategi Pemasaran
|