Pilih Bahasa  
Book's Detail
Meningkatkan Hasil Belajar Menyusun Teks Hasil Obsevasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 52 Konawe Selatan

ABSTRAK

Multafifin. G2O116001. Meningkatkan Hasil Belajar Menyusun Teks Hasil Observasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 52 Konawe Selatan. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui peningkatan kreatifitas guru pada mata pelajara bahasa Indonesia di kelas VII A SMP Negeri 52 Konawe Selatan melalui penerapan model pembelajara Project Based Learning (PBL). (2) untuk mengetahui peningkatan aktifitas siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VII A SMP Negeri 52 Konawe Selatan melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PBL). (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada kelas VII A SMP Negeri 52 Konawe Selatan Melalui Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PBL). Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan cara observasi dan tes tertulis. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu data yang diperoleh melalui hasil tes dan data kualitatif yaitu data aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran diperoleh melalui lembar observasi. Hasil penelitian pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning menunjukan bahwa pembelajaran pada siklus I persentase ketercapaian aktivitas guru sebesar 69,85% dan meningkat pada siklus II menjadi 88,24%. Aktivitas siswa sebesar 48-60% dan meningkat pada siklus II menjadi 85-90%. Dengan demikian aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa berpengaruh pada hasil belajar setiap siklusnya yaitu pada siklus satu hasil belajar siswa secara klasikal 22,2% dengan nilai rata-rata 70% meningkat menjadi 100% dengan nilai rata-rata 84%

Kata kunci: project based learning, teks observasi, hasil belajar.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Multafifin - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit PASCA SARJANA/ Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xii,79 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...