ABSTRAK
Pelayanan kesehatan adalah setiap upaya yang diselenggarakan sendiri atau secara bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perorangan, keluarga, maupun bermasyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran kualitas pelayanan kesehatan pada pasien rawat inap di Puskesmas Poasia Kecamatan Poasia Kota Kendari tahun 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Poasia Kota Kendari pada bulan April 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap yang berada di ruangan rawat inap pada saat dilakukan penelitian di Puskesmas Poasia Kecamatan Poasia Kota Kendari sebanyak 150 orang dengan sampel sebanyak 58 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara bukti fisik, kehandalan, jaminan dengan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Poasia, dan tidak ada hubungan antara ketanggapan, kemampupahaman dengan kepuasan pasien di Puskesmas Poasia Kota Kendari. Diharapkan petugas kesehatan di puskesmas dapat meningkatkan kualitas mutu pelayanan kesehatan demi tercapainya kepuasan pasien.
Kata kunci : bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, kemampupahaman, jaminan
|