ABSTRAK
Erni Wulandari (A1B113006), Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa SMA Swasta Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Kendari. Dibimbing oleh Jahada, S.Ag, M.Pdi sebagai pembimbing I, dan Dodi Priyatmo Silondae, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan disiplin siswa SMA Swasta Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Kendari. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen dengan desain one grup pre-test and post-test. Data dikumpulkan menggunakan angket disiplin siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat disiplin siswa kelas X SMA Swasta Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Kendari mengalami peningkatan sebesar 23,34% setelah diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan wicoxon signed rank dengan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh Pvalue = 0,012.Pvalue < α (0,012 < 0,05) dengan demikian H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan disiplin siswa SMA Swasta Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Kendari.
Kata kunci: disiplin, layanan bimbingan kelompok.
|