ABSTRAK
ESTI AGESTA NURMAIDA (D1A1 14 133). Analisis Strategi Pemasaran Pengolahan Abon Ikan (Suatu Kasus Pada UMKM Citra Permata Kendari). Di bawah bimbingan MUHAMMAD AKIB TUWO sebagai pembimbing I dan SURNI sebagai pembimbing II.
Citra Permata adalah salah satu UMKM Pengolahan makanandi Kota Kendari yang berbahan baku ikan. Abon ikan tuna dan marlin adalah produk yang dihasilkan Citra Permata. Pada kenyataannya, kurang optimalnya pemasaran yang dilakukan dan keterbatasan sumberdaya adalah masalah yang dialami oleh Citra Permata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang strategi pemasaran yang sesuai melalui konsep bauran pemasaran 4P yang melibatkan pemilik usaha selaku pihak internal dan konsumen selaku pihak eksternal dari lembaga. Metode Proses Hirarki Analitik (PHA) digunakan dalam penelitian ini untuk memilih prioritas strategi pemasaran berdasarkan keputusan pihak internal. Hasil analisis PHA menunjukkan bahwa bauran pemasaran yang menjadi prioritas secara berturut-turut adalah promosi, produk, distribusi dan harga. Beberapa sub bauran telah dipilih sebagai prioritas dalam bauran pemasaran. Sub bauran tersebut adalah bazar/pameran, kualitas, kebersihan dan kenyamanan, kemasan/cara penyajian.
Kata kunci: Abon ikan, Citra Permata Kendari, Proses Hirarki Analitik (PHA), Strategi bauran pemasaran
|