ABSTRAK
Haerunianti (G2B116 003). Analisis Rantai Nilai (Value Chain) Agribisnis Pisang di Perusahaan Fresh House Kota Kendari. Di bimbing oleh H. Muhammad Akib Tuwo sebagai Ketua dan Bahari sebagai Anggota. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui jalur rantai nilai agribisnis pisang pada perusahaan melalui identifikasi pelaku rantai, (2) menganalisis nilai tambah yang tercipta pada setiap rantai nilai produk roti, dan (3) menganalisis kinerja pemasaran pada produk roti di perusahaan fresh house. Penelitian ini dilaksanakan pada perusahaan Fresh House Kota Kendari. Penentuan sampel yang digunakan pada penelitian ini berdasarkan informasi yang diperoleh dari pedagang pengumpul pisang, pedagang besar, dan para dengan menggunkan Teknik Sampling sensus, responden pada penelitian ini yaitu seluruh pelaku rantai nilai agribisnis pisang. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif, terhadap jalur rantai nilai agribisnis pisang dan aliran pemasaran produk roti. Sedangkan nilai tambah menggunakan metode modifikasi Hayami dan kinerja pemasaran produk roti ditentukan oleh marjin, keuntungan dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jalur rantai nilai agribisnis pisang terdiri atas satu jalur yaitu dimulai dari pedagang pengumpul pisang dan pedagang besar. Kemudian, perusahaan fresh house ke retail dan konsumen akhir. Proses nilai tambah yang tercipta pada perusahaan fresh house telah memberikan nilai tambah produk roti senilai Rp.235.068,- per kg. Kinerja pemasaran yang terbentuk dari produk roti pada perusahaan fresh house yaitu; perusahaan → retail → konsumen akhir, dan saluran pemasaran produk roti sampai ke konsumen akhir dapat dikatakan telah efisien.
Kata Kunci: Rantai nilai, agribisnis pisang, kinerja pemasaran
|