ABSTRAK
La Ode Darwin (A1C1 13 031). Penelitian ini berjudul “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 14 Kendari”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pretest-posttest only control group design. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran dengan model pembelajaran koperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VIII SMPN 14 Kendari, (2) Untuk mengetahui deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika Siswa kelas VIII SMPN 14 Kendari yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Jigsaw, (3) mengetahui deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 14 Kendari yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, dan (4) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 14 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 14 Kendari yang terdiri dari 8 kelas paralel dengan jumlah 213 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random class, sampling. Sampel penelitian ini adalah 50 siswa, yang terbagi atas dua kelompok belajar, yaitu 25 siswa untuk kelas eksperimen dan 25 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan tes yang diambil setelah proses pembelajaran dengan menggunakan soal-soal/instrumen untuk memperoleh data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukan bahwa: (1) persentase tingkat keaktifan siswa pada 8 kali pertemuan berturut-turut adalah 81,81%, 81,81%, 79,54%, 75%, 77,27%, 79,54%, 86,36% dan 86,36%, (2) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah 71,92 (3) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional adalah 57,60 dan (4) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan kubus, balok, prisma dan limas untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kendari.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.
|