Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ranah Kognitif Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Kapoiala Pada Materi Suhu Dan Kalor

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model Pembelajaran Role Playing terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar ranah kognitif peserta didik. Penelitian ini merupakan quasi experimental atau eksperimen semu dengan bentuk deskriptif kuantitatif yang menggunakan dua kelas untuk dijadikan obyek penelitian. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive random sampling berjumlah 52 peserta didik kelas X yang terdistribusi pada dua kelas (XA = 27 peserta didik dan kelas XB = 25 peserta didik). Kelas XA mendapatkan pembelajaran menggunakan model Role Playing, sedangkan kelas XB diberikan pembelajaran model Konvensional. Keterampilan berpikir kritis (KBK) dan hasil belajar ranah kognitif (HBK) peserta didik pada materi suhu dan kalor diukur menggunakan tes pilihan ganda dan esai. Hasil analisis deskripsi menunjukkan bahwa penerapan model Role Playing pada pembelajaran materi suhu dan kalor dapat meningkatkan KBK dan HBK peserta didik pada kategori sedang. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata KBK dan HBK antara hasil pembelajaran Role Playing dan pembelajaran Konvensional, dan terdapat pula perbedaan peningkatan (N-gain) KBK dan HBK antara hasil pembelajaran Role Playing dengan pembelajaran Konvensional.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Role Playing, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Ranah Kognitif.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Nurfaidah Syam - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek pend.IPA
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit PASCA/Pend.IPA
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xi,68 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...