Pilih Bahasa  
Book's Detail
Penerapan Model Pembelajaran Imajinatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Berdasarkan Pengalaman Siswa Kelas IV-B SD Negeri 03 Mandonga

ABSTRAK
Yuliastuti (A1B314109) ”Penerapan Model Pembelajaran Imajinatif untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Berdasarkan Pengalaman Siswa Kelas IV-B SD Negeri 03 Mandonga.” Pembimbing 1 Drs. Ahid Hidayat, M.Hum dan Drs. La Rabani, S.Pd., M.Pd selaku pembibing II.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan berdasarkan pengalaman siswa kelas IV-B SD Negeri 3 Mandonga melalui penerapan model pembelajaran imajinatif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas IV-B SD Negeri 3 Mandonga semester genap tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-B SD Negeri 3 Mandonga yang berjumlah 20 orang. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah faktor guru, faktor siswa, dan faktor hasil belajar. Teknik atau cara pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan Tes. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu dengan memberi gambaran hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis karangan menggunakan model pembelajaran imajinatif. Prosedur dalam penelitian ini terdiri atas empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi serta refleksi pada setiap siklus. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran imajinatif dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan berdasarkan pengalaman siswa kelas IV-B SD Negeri 03 Mandonga. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar klasikal siklus I adalah 70% pada siklus II persentase ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan menjadi 85%

Kata Kunci: Penerapan, Model Pembelajaran imajinatif, Keterampilan menulis karangan

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Yuliastuti - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Guru Sekolah Dasar
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PGSD
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,42 hal,28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...