ABSTRAK
La Ode Muhamad Fadhli (A1A214059) “Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah dalam Pembelajaran di SMA Negeri 5 Baubau”. Dibimbing oleh : Dr. Hj.Darnawati, S.Pd., M.Pd sebagai pembimbing I dan Pendais Hak, S.Ag., M.Pd selaku pembimbing II.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pelaksanaan kompetensi pedagogik guru Sejarah SMA Negeri 5 Baubau ?, 2. Apa Hambatan dalam pelaksanaan Kompetensi Pedagogik di SMA Negeri 5 Baubau ?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan pelaksanaan kompetensi pedagogik guru Sejarah SMA Negeri 5 Baubau. 2. Mendeskripsikan Hambatan dalam pelaksanaan Kompetensi Pedagogik di SMA Negeri 5 Baubau.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Baubau. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Informan kunci penelitian berjumlah 2 orang guru sejarah SMA Negeri 5 Baubau, informan tambahan kepala sekolah SMA Negeri 5 Baubau dan 2 orang siswa SMA Negeri 5 Baubau, teknik pengumpulan data yaitu : observasi, dokumentasi, dan wawancara, dan instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1. Kompetensi pedagogik guru Sejarah di SMA Negeri 5 Baubau: a. sebelum pembelajaran, dalam dokumen pengembangan kurikulum dan dokumen rancangan evaluasi hasil belajar belajar telah dibuat dengan sangat baik, untuk dokumen perangkat pembelajaran telah dibuat dengan baik, b. pembelajaran, kegiatan awal pembelajaran, dalam persiapan pembelajaran telah terlaksana dengan sangat baik. Kegiatan inti pembelajaran pada penyajian materi pelajaran, pendekatan/startegi pembelajaran, pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa, pemanfaatan sumber media pembelajaran, penilaian proses belajar, penggunaan bahasa telah terlaksana dengan baik. Kegiatan penutup pembelajaran telah terlaksana dengan baik. 2. Hambatan kompetensi pedagogik guru Sejarah di SMA Negeri 5 Baubau yaitu: motivasi belajar siswa rendah, guru kurang kreatif, waktu pembelajaran yang kurang dan kurangnya sarana pembelajaran dari sekolah.
Kesimpulan bahwa pelaksanaan kompetensi pedagogik guru sejarah SMA Negeri 5 Baubau pada kegiatan sebelum pembelajaran (persiapan), kegiatan pembelajaran dan kegiatan menutup pembelajaran, telah terlaksana dengan baik. Akan tetapi guru sejarah masih perlu meningkatkan kompetensi pedagogiknya dengan mengkuti kegiatan seperti pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan pedagogik guru.
Kata kunci : Implementasi, Kompetensi Pedagogik, Guru Sejarah
|