ABSTRAK
Nurhayati, G2O1 16 005. Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi dengan Menggunakan Media Gambar Berbasis Tempat Wisata Wakatobi pada Siswa Kelas VII.2 SMP Negeri 3 Wangiwangi Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi dengan menggunakan media gambar berbasis tempat wisata Wakatobi pada siswa kelas VII.2 SMP Negeri 3 Wangiwagis Selatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Data Kualitatif pada penelitian ini diperoleh dari pelaksanaan penerapan tindakan penelitian di mana guru yang bertindak sebagai pengamat mengobservasi aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar berbasis tempat wisata Wakatobi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes keterampilan menulis teks deskripsi. Pada penelitian ini, ada tiga unsur yang diteliti yakni, aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil keterampilan menulis teks deskripsi siswa. Langkah-langkah PTK dalam setiap siklus adalah Perencanaan, Tindakan, Observasi dan evaluasi serta Refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran dengan menggunakan media gambar berbasis tempat wisata Wakatobi dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa.Aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan pada setiap siklus sebagai bentuk dari sikap antusias dalam pembelajaran. Hasil yang ditunjukkan oleh siswa pun telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yakni 65. Hasil menulis teks deskripsi siswa sampai pada tiga siklus mencapai presentase ketuntasan 88 %.
Kata kunci : model pembelajaran, media gambar, keterampilan menulis teks deskripsi
|