ABSTRAK
Riri Medi Astuti (2018). “Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Melalui Kegiatan Tebak Ekspresi di Kelompok B PAUD Pelita Puundoho Desa Puundoho Kecamatan Andoolo Barat Kabupaten Konawe Selatan”. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Pembimbing pertama Ibu Aisyah dan pembimbing kedua Bapak Ratulangi.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan kegiatan tebak ekspresi dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal pada anak di kelompok B PAUD Pelita Puundoho Desa Puundoho Kecamatan Andoolo Barat Kabupaten Konawe Selatan? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada anak melalui kegiatan tebak ekspresi di Kelompok B PAUD Pelita Puundoho Desa Puundoho Kecamatan Andoolo Barat Kabupaten Konawe Selatan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik pada Kelompok B PAUD Pelita Puundoho Desa Puundoho yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri atas 4 orang anak laki-laki dan 11 orang anak perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun.
Berdasarkan analisis data pada siklus I sesuai dengan lembar observasi kegiatan mengajar guru sebanyak 16 aspek yang diamati dan 12 aspek saja yang telah berhasil dilaksanakan guru, dengan perolehan persentase sebesar 75%. Sedangkan lembar observasi kegiatan pembelajaran anak terdapat sebanyak 14 aspek dan 10 aspek saja yang telah diraih anak, dengan perolehan persentase sebesar 71,42%. Pada siklus II, persentase lembar aktivitas kegiatan mengajar guru meningkat menjadi 87,5%, sedangkan persentase kegiatan belajar anak meningkat menjadi 85,71%.
Berdasarkan analisis data sesuai dengan standar nilai untuk indikator hasil belajar anak baik secara individual maupun klasikal dikatakan berhasil apabila memperoleh 85%, kategori BSB atau BSH. Berdasarkan observasi awal diperoleh persentase sebesar 40%. Hasil penelitian setelah tindakan menunjukkan peningkatan anak pada siklus I sebesar 66,67% menuju siklus II sebesar 86,67%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kecerdasan interpersonal anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan tebak ekspresi di kelompok B PAUD Pelita Puundoho Desa Puundoho Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan.
Kata kunci : kecerdasan interpersonal, kegiatan tebak ekspresi
|