ABSTRAK
Wida Astuti. NIM G2O116046, dengan judul Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas V SD Negeri 06 Baliara Selatan Kecamatan Kabaena Barat dengan Menggunakan Metode Demonstrasi. Dibimbing oleh Sidu Marafad sebagai pembimbing I, dan Sahlan sebagai pembimbing II. Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru melalui metode pembelajaran demonstrasi pada materi keterampilan berbicara kelas V di SD Negeri 06 Baliara Selatan Kecamatan Kabaena Barat, (2) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui metode pembelajaran demonstrasi pada materi keterampilan berbicara kelas V di SD Negeri 06 Baliara Selatan Kecamatan Kabaena Barat, dan (3) Untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode demonstrasi pada siswa kelas V di SD Negeri 06 Baliara Selatan Kecamatan Kabaena Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan Kelas (PTK). Sampel dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 06 Baliara Selatan Kecamatan Kabaena Barat berjumlah 16 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes keterampian berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode pembelajaran pembelajaran demonstrasi dapat meningkatakan aktivitas mengajar guru hal ini ditunjukkan dengan persentase aktivitas mengajar guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I 45,83%, dan pada pertemuan siklus II mengalami peningkatan sebesar 96,9%; 2) Penerapan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatakan aktivitas siswa dalam pembelajaran hal ini ditunjukkan dengan persentase aktivitas mengajar guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan siklus II sebesar 51,39% dan pada pertemuan siklus II mengalami peningkatan sebesar 93,05%; dan 3) Penerapan model pembelajaran pembelajaran demonstrasi dapat meningkatakan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD Negeri 06 Baliara Selatan Kecamatan Kabaena Barat. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya persentase keterampilan berbicara siswa sebesar 69,75% pada siklus I dan pada siklus II mengalam peningakatan sebesar 93,75%. Kesimpulan penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 06 Baliara Selatan Kecamatan Kabaena Barat.
Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Metode Demonstrasi
|