ABSTRAK
Suriyani Iskandar Taher (2018).“Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Kubus Bergambar Pada Kelompok B TK PGRI Oempu Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna”. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Pembimbing pertama ibu Sitti Rahmaniar Abubakar, S.Pd.,M.Pd dan Pembimbing kedua ibu Afifah Nur Hidayah, S.Pd.I.,M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pemainan kubus bergambar dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak pada kelompok B TK PGRI Oempu Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui permainan kubus bergambar pada kelompok B TK PGRI Oempu Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas. Tahapan dalam penelitian ini yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik pada kelompok B TK PGRI Oempu Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna yang berjumlah 16 orang anak yang terdiri atas 7 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun.
Berdasarkan analisis data pada siklus I sesuai dengan lembar observasi kegiatan mengajar guru sebanyak 13 aspek yang diamati dan 8 aspek saja yang telah berhasil dilaksanakan guru, dengan perolehan presentase sebesar 62%. Sedangkan lembar observasi kegiatan pembelajaran anak terdapat sebanyak 14 aspek dan 9 aspek saja yang telah diraih anak, dengan pemerolehan presentase sebesar 64%. Pada siklus II, presentase lembar aktivitas kegiatan mengajar guru meningkat menjadi 92,3%, sedangka presentase kegiatan belajar anak meningkat menjadi 85,7%.
Berdasarkan hasil analisis data sesuai dengan standar nilai untuk indikator hasil belajar anak secara individual maupun klasikal dikatakan berhasil apabila memperoleh 75%, kategori BSB atau BSH. Berdasarkan observasi awal diperoleh presentase sebesar 31,25%. Hasil penelitian setelah tindakan menunjukkan peningkatan anak pada siklus I sebesar 62,5% menuju siklus II sebesar 93,75%. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan berhitung anak dapat ditingkatkan melalui permainan kubus bergambar pada Kelompok B TK PGRI Oempu Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna.
Kata Kunci: Kemampuan Berhitung Anak, Media Permainan Kubus Bergambar
|