ABSTRAK
LA ODE ASRI, Stambuk (A1A1 14 029) Judul “Kebiasaan Belajar Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kabawo”. Dibimbing oleh: Drs. Abdullah Igo B.D, M.Si dan Murni Nia, SE., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebiasaan belajar siswa yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kabawo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan studi fenomenologidimaksudkan untuk mendeskripsikan kebiasaan belajar siswa yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kabawo. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 orang siswa dan informan pendukung dalam penelitin ini berjumlah 26 orang. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif-deskriptif yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaanbelajarsiswa yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kabawo secara keseluruhan siswa-siswa (subjek) tergolong memiliki kebiasaan belajar yang kurang baik dilihat dari mengikuti proses pembelajaran dikelas siswa-siswa tidak fokus menerima pelajaran khususnya pada mata pelajaran ekonomi, siswa-siswa sangat jarang untuk mencatat apa yang disampaikan oleh guru, kemudian siswa juga tidak bertanya pada saat pembelajaran meskipun mereka tidak mengerti dengan penjelasan guru, kemudiansiswa-siswa tidak memanfaatkan perpustakaan untuk mendukung proses belajarnya dan dalam mengulang pelajaran dirumahnya sangat jarang dan mereka belajarnya tidak teratur serta cara belajar mereka masih menggunakan metode menghafal sehingga mereka mengalami kesulitan belajar yang berdampak pada hasil belajarnya rendah.
Kata Kunci : kebiasaan belajar, kesulitan belajar ekonomi, siswa.
|