ABSTRAK
Sulaiman Basri G2G116 065, Pengaruh Model Pembelajaran Tuntas terhadap Hasil Belajar Ekonomi (Dibimbing oleh H. Karsadi dan H. Hasanuddin Jumareng)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran tuntas berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen desain Pos test only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 248 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 IS dan Kelas X3 IS dengan jumlah siswa masing-masing 28 dan 28 orang sehingga sampel penelitian ini berjumlah 56 orang. Penentuan sampel dilakukan secara random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang dikembangkan sendiri oleh peneliti bekerja sama dengan guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Konawe Selatan. Sebelum tes ini digunakan dalam penelitian, terlebih dahulu diuji coba secara empirik untuk melihat validitas dan reliabilitasnya. Reliabilitas instrumen penelitian ini adalah 0,910. Analisis data menggunakan uji t tidak berhubungan melalui program SPSS versi 22
Penelitian ini menemukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran tuntas lebih tinggi dibanding rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggukan pembelajaran konvensional (86 > 69). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tuntas berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA negeri 2 Konawe Selatan seperti ditunjukkan oleh nilai uji t hitung sebsar 8,044 lebih besar nilai t tabel 1,671 dengan dk 54, demikian juga dengan nilai probabilitas (sig) lebih kecil dari nilai 0,05 (0,000 < 0,05).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran tuntas berpengaruh positif dan signifikan terjhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA negeri 2 Konawe Selatan sehingga untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi maka salah satu uahasa yang perlu dilakukan adalah menerapakan model pembelajran tuntas.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Tuntas, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Ekonomi.
|