ABSTRAK
La Toni (2017), telahmelakukanpenelitiandenganjudul: “Penerapan Model PembelajaranSiklus Belajar Tipe 7EuntukMeningkatkanAktivitasdan HasilBelajarIPS-GeografiSiswaKelas VII2SMP Negeri 10 Kendari PadaMateri Pokok Pola Kegiatan Ekonomi Penduduk”. Penelitianinibertujuanuntuk: (1) mengetahui dan menentukan aktivitas belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran siklus belajar tipe 7Epada materi pokok Pola Kegiatan Ekonomi Penduduk, (2) mengetahui dan menentukan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran siklus belajar tipe 7Epada materi pokok Pola Kegiatan Ekonomi Penduduk, dan (3) mengetahui dan menentukan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran siklus belajar tipe 7Epada materi pokok Pola Kegiatan Ekonomi Penduduk. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII2 SMPNegeri 10 Kendari yang terdaftar pada semester genaptahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa yang terdaftar pada kelas tersebut sebanyak 33siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari tes hasil belajar siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari lembar observasi. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah data mengenai aktivitas belajar siswa dan data mengenai hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu : (1) membuat tabulasi data, (2) menentukan hasil belajar siswa, (3) menentukan rata-rata hasil belajar siswa, (4) menentukan standar deviasi hasil belajar siswa, (5) menentukan tingkat pencapaian ketuntasan belajar, (6) menentukan rata-rata aktivitas siswa, dan (7) mengklasifikasikan skor rata-rata aktivitas siswa. Dalam penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: (1) aktivitas belajar IPS-Geografi siswa kelas VII2 SMP Negeri 10 Kendari yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran siklus belajar tipe 7Epada setiap siklus terjadi peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 2,7 berada pada kategori cukup baik, dan meningkat pada siklus II sebesar 3,2 berada pada kategori baik, (2) hasil belajar IPS-Geografi siswa kelas VII2 SMP Negeri 10 Kendari dengan menerapkan model pembelajaran siklus belajar tipe 7Epada setiap siklus terjadi peningkatan. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar sebesar 67,6 pada siklus I, dan meningkat pada siklus II sebesar 81,9, dan (3) Ketuntasan hasil belajar IPS-Geografi siswa kelas VII2 SMP Negeri 10 Kendari pada materi pokok Pola Kegiatan Ekonomi Penduduk dengan menerapkan model pembelajaran siklus belajar tipe 7Emengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 57,6% pada siklus I menjadi 81,8% pada siklus II.
Kata Kunci:Model Pembelajaran Siklus Belajar Tipe 7E, Aktivitas, Hasil Belajar
|