ABSTRAK
Nur Fitriani Samra. A1C1 14 108. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kulisusu Utara”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimanakah deskripsi hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran BBL: 2) Bagaimanakah deskripsi hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional; 3) Apakah ada pengaruh strategi pembelajaran BBL terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kulisusu Utara.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara random kelas, diperoleh kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar matematika berbentuk tes uraian sebanyak 8 butir soal pada materi pola bilangan. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.
1) Hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran BBL, memiliki nilai rata-rata 82,93, median 83,89, modus 82,22, standar deviasi 12,75, varians 162,50; 2). Hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional, memiliki nilai rata-rata 76,48 median 76,67, modus 6,67, standar deviasi 11,77, varians 138,53 dan 3). Ada pengaruh strategi pembelajaran BBL dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar metematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kulisusu Utara. Sehingga penerapan strategi pembelajaran Brain Based Learning lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kulisusu Utara.
Kata kunci : Pembelajaran Brain Based Learning, dan Hasil Belajar Matematika
|