Abstrak
Dewi Asmiarti (A1D1 14 093) Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIIISMP Negeri 3 Poleang.
Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan dan mengetahui faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis teks eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Poleang. Manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini adalah dapat memberikan informasi tentang kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Poleang dalam menulis teks eksplanasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Poleang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018. Adapun jumlah siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Poleang sebanyak 82 orang yang tersebar di empat kelas. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 82 siswa berdasarkan jumlah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Poleang. Untuk memperoleh data tentang kemampuan menulis teks eksplanasi siswa, maka jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berupa tugas membuat teks eksplanasi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif, dalam pendeskripsian dilakukan teknik persentase. Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Poleang mengacu pada ketuntasan belajar secara klasikal dan ketuntasan belajar secara individual. Dari 64 orang siswa, sampel yang memperoleh kategori mampu adalah 13 orang siswa (20%) dan sampel yang memperoleh kategori tidak mampu adalah 51 orang (80%). Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Poleang dalam materi menulis teks ekplanasi rendah di antaranya disebabkan oleh minat siswa untuk mengikuti pelajaran rendah dan penggunaan metode mengajar yang tidak efektif dan variatif.
Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Teks Eksplanasi.
|