ABSTRAK
Yuspita Sari, G2J1 16 077 . Analisis Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau dari Self-Efficacy Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Konawe Selatan Materi Usaha dan Energi.
Pembimbing: 1) Prof.Dr. Muhammad Zamrun F,M.Si.,M.Sc, II) Dr. Muhammad Anas, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk menganalis perbedaan antara penerapan pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang ditinjau dari self-efficacy didik kelas X SMA Negeri 1 Konawe Selatan. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling, kelas X IPA 1 belajar dengan model PJBL dan kelas X IPA 2 belajar dengan model PBL. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa 1) tes hasil pemahaman konsep peserta didik dalam bentuk pilihan ganda 2) tes hasil kemampuan berpikir kreatif dalam bentuk uraian;3) angket self-efficacy peserta didik; 4) lembar keterlaksanaan model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran berbasis masalah. Data dianalisis menggunakan Kolmogrov-Smirnov untuk normalitas, ANOVA untuk homogenitas, and MannWhitney untuk perbedaan dua kelompok berurutan. Hasil analisis data menunjukkan: 1) Tidak ada perbedaan yang signifikan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif yang mengikuti pembelajaran dengan model PJBL dan PBL; 2) Tidak ada perbedaan yang signifikan nilai rata-rata pemahaman konsep peserta didik yang memiliki self-efficacy tinggi yang mengikuti pembelajaran dengan model PJBL dan PBL dan terdapat perbedaan signifikan pada nilai kemampuan berpikir kreatif; 3) Tidak ada perbedaan yang signifikan nilai rata-rata pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang memiliki selfefficacy rendah yang mengikuti pembelajaran dengan model PJBL dan PBL; 4) Terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang memiliki self-efficacy tinggi dan self-efficacy rendah; 5) Tidak terdapat pengaruh interaksi model PjBL dan PBL dengan self-efficacy terhadap pemahaman konsep peserta didik dan terdapat pengaruh interaksi pada kemampuan berpikir kreatif peserta didik.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Pemahaman Konsep, Kemampuan Berpikir Kreatif, Self-Efficacy Peserta Didik.
|