Pilih Bahasa  
Book's Detail
Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 12 Kendari

ABSTRAK

Zuari Anzar (A1C114093). Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari”. Tujuan eksperimen ini adalah: (1) Untuk mengetahui deskripsi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari sebelum diajar dengan menggunakan model pembelajaran generatif. (2) Untuk mengetahui deskripsi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran generatif. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari. Sampel diambil secara purposive sampling dan diperoleh kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan dengan pemberian instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang berbentuk tes uraian/essay. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum diajar menggunakan model pembelajaran generatif memiliki nilai rata – rata 61,77, nilai rata-rata ini termasuk dalam kategori cukup. Varians dan std. deviasi masing-masing sebesar 126,16 dan 11,23. Hal ini menandakan bahwa data pada kelas VIII5 heterogen. Dengan kata lain, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa beragam. Berdasarkan analisis data sebelum diajar menggunakan model pembelajaran generatif, terdapat, 11 siswa dengan kategori baik, 20 siswa dengan kategori cukup, 5 siswa rendah dan 4 siswa dalam kategori sangat rendah. (2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran generatif memiliki nilai rata – rata 78,93 nilai rata-rata ini termasuk dalam kategori baik. Varians dan std. deviasi masing-masing sebesar 138,78 dan 11,78. Hal ini menandakan bahwa data pada kelas VIII5 heterogen. Dengan kata lain, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII5 beragam. Berdasarkan analisis data setelah diajar menggunakan model pembelajaran generatif, terdapat 15 siswa dengan kategori Sangat baik, 18 siswa baik, 4 siswa cukup, 3 siswa rendah dan tidak ditemukan siswa dalam kategori sangat rendah. (3) Berdasarkan hasil analisis deskripitif dan inferensial, menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh Model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari.

Kata kunci: Model Pembelajaran Generatif, Pemahaman Konsep Matematis.

Pernyataan Tanggungjawab Zuari Anzar
Pengarang Zuari Anzar - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Ilmu Pendidikan Matematika
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/Pend. Matematika
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UNIVERSITAS HALU OLEO/ KENDARI
Deskripsi Fisik xiii,62 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...