Pilih Bahasa  
Book's Detail
Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Melalui Metode Percobaan Pada Kelompok B Di TK Islam Syaidul Muslimin Kendari

ABSTRAK

Wa Ode Hasniyati(2018). “Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak melalui Metode Percobaan di Kelompok B TK Islam Syaidul Muslimin Kendari” hasil penelitian. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Pembimbing pertama Ibu Aisyah dan pembimbing kedua Dorce Banne Pabunga.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan melalui metode percobaan di kelompok B Tk Islam Syaidul Muslimin Kendari dapat meningkatkan keterampilan proses sains anak? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah keterampilan proses sains anak dapat ditingkatkan melalui metode percobaan pada siswa Kelompok B TK Islam Syaidul Muslimin Kendari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik pada kelompok B TK Islam Syaidul Muslimin Kendari yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri atas 6 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun.Berdasarkan hasil analisis belajar anak didik tentang peningkatan keterampilan proses sains melalui metode percobaan pada siklus I diperoleh peresentase ketercapaian sebesar 60% atau 8 anak didik dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan peresentase ketercapaian sebesar 86,66% atau 13 anak didik dari 15 anak.
Berdasarkan hasil analisis data dari aktivitas mengajar guru pada siklus I sebanyak 14 aspek diperoleh peresentase ketercapaian sebesar 71,43% atau 10 aspek yang tercapai. Sedangkan pada siklus II hasil aktivitas mengajar guru meningkat menjadi 92,86% atau 13 aspek yang tercapai. Pada aktivitas belajar anak didik pada siklus I dari 14 aspek diperoleh peresetase ketercapaian sebesar 64,29% atau 9 aspek yang tercapai. Sedangkan ktivitas belajar anak pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,71% atau sebanyak 12 aspek yang tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains anak dapat ditingkatkan melalui metode percobaan di kelompok B TK Islam Syaidul Muslimin dapat di tingkatakan melalui metode percobaan.

Kata Kunci : keterampilan proses sains anak, metode percobaan

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Wa Ode Hasniyati - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Anak Usia Dini
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PG-PAUD
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xiv,81 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...