ABSTRAK
La Ode Fitra (A1B3 14 020) “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SDN 19 Kendari Barat”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unuversitas Halu Oleo. Pembimbing: (1) Dr.I Ketut Suardika, S.Pd., M.Si. dan (2) Muhamad Abas, S.Pd., M.Si.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 19 Kendari Barat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 19 Kendari Barat.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Pre- Experimental dengan bentuk One Group Pretest-Posttes. Desain. Alur dalam penelitian ini adalah kelas yang digunakan unntuk penelitian diberikan Pretes, kemudian dilanjutkan dengan pemberian perlakuan dengan model pembelajaran Discovery Learning, setelah itu diberikan Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 19 Kendari Barat, dengan teknik Purposive Sampling diperoleh kelas IV SDN 19 Kendari Barat sebagai kelas penelitian atau sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes tertulis yaitu berupa pemberian instrument tes hasil belajar IPS siswa berupa soal pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif pada Pretest diperoleh nilai rata-rata sebesar 64.44 dan pada Posttest diperoleh nilai rata-rata sebesar 82.78 Sedangkan hasil analisis inferensial sebelum dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t satu sampel (One Sampel Tes) dilakukan uji prasyarat yaitu normalitas. Data yang digunakan dalam uji normalitas dan uji hipotesis berbentuk skor normalized Gain (N-Gain). Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh data N-Gain hasil belajar IPS siswa berdistribusi normal karena nilai sig.= 0,089 > 0,05 dengan a = 0,05. Karena data berdistribusi normal, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t satu sampel (One Sample Test) dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 8,715sedangkan nilai ttabel adalah 2,110. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 19 Kendari Barat.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar IPS
|