ABSTRAK
MUSTAIDAH, F (A1C413084), Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terpadu Learning Journal Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mowewe pada Materi Hidrolisis Garam (dibimbing oleh La Rudi, S.Pd., M.Si dan Muh. Alim Marhadi, S.Pd., M.Pd).
Telah dilakukan penelitian Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terpadu Learning Journal Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mowewe pada Materi Hidrolisis Garam. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil belajar kimia siswa sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran PBL terpadu Learning Journa dan konvvensional, 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL terpadu Learning Journa dan konvvensional, 3) mengetahui adanya signifikansi antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran PBL terpadu Learning Journal dengan hasil belajar siswa menggunakan Pembelajaran Konvensional. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 sebanyak 30 orang dan XI IPA2 sebanyak 29 orang di SMA Negeri 1 Mowewe. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrument penelitian berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 butir soal dan lembar observasi. Teknik analaisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data diperoleh analisis hasil belajar menunjukkan bahwa siswa eksperimen dilihat dari nilai rata-rata pretest 23,44 meningkat menjadi nilai rata-rata posttest 82,24 sedangkan siswa kelas kontrol dilihat dari nilai rata-rata pretest 26 meningkat menjadi nilai rata-rata posttest 70.83. Model Pembelajaran PBL terpadu Learnin Journal efektif digunakan dengan tingkat keefektifan 0,74 berada pada kategori tinggi serta nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dengan taraf signifikan (α = 0,05).
Kata Kunci: Model Pembelajaran PBL, Learning Journal, Pembelajaran Konvensional, Hidrolisis Garam, Hasil Belajar.
|