ABSTRAK
Bahrun (A1A1 14 007), Judul skripsi: “Kendala Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Bone Kecamatan Bone Kabupaten Muna”. Di bimbing oleh Drs. Abdullah Igo B.D,M.Si dan Muh. Ilham, SE., M.Si
Permasalahan penelitian ini adalah kendala-kendala apa saja dalam pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan oleh guru ekonomi di SMA Negeri 1 BONE dan bagaimana cara dalam mengatasi kendala tersebut ? tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan kendala-kendala dalam pemanfaatan media pembelajaran oleh guru ekonomi dan mendiskripsikan hal yang dilakukan oleh guru ekonomi dalam menghadapi kendala tersebut. Manfaat penelitian ini adalah (1). Bagi sekolah, sebagai sumbansi pemikiran kepada kepala sekolah selaku pimpinan dalam menyelesaikan semua kendala dalam pemanfaatan oleh guru-guru di sekolah tersebut, khususnya guru ekonomi. (2). Bagi guru, sebagai bahan evaluasi/sumbansi pemikiran kepada guru mata pelajran ekonomi agar senantiasa memanfaatkan media pembelajaran yang tepat dalam mengajar serta mampu meningkatkan inovasi dalam menciptakan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi yang hendak di ajarkan.(3). Bagi siswa, sebagai bahan referensi dalam memperoleh pengetahuan segala hal yang berhubungan dengan media baik itu berdasarkan jenisnya atau pemanfaatan dalam proses belajar mengajar maupun manfaatnya dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar. (4). Bagi peneliti lain, sebagai bahan informasi tambahan bagi peneliti selanjutnya yang ada relevansinya dengan penelitian ini.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuatitatif yaitu penulis memberikan gambaran secara detail sesuai dengan fakta yang ada dalam lokasi penelitian tentang kendala pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Bone Kabupaten Muna dengan kesimpulan sebagai berikut: (1). Kurangnya daya inovasi guru, (2). Kurangnya motivasi guru dalam meningkatkan pemanfaatan media pembelajaran, (3). Ketidakpedulian terhadap IPTEK, dan (4). Kurangnya sarana dan prasarana.
Dengan demikian disarankan kepada Guru IPS Ekonomi selalu memanfaatkan media pembelajaran yang dapat merangsang pemikiran siswa dan mencari solusi dalam menghadapi kendala yang ada.
Kata kunci: Kendala, Media Pembelajaran, Guru Ekonomi.
|