ABSTRAK
LILI ANGRAENI (A1C4 13 021). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Watopute Pada Materi Sistem Koloid. (dibimbing oleh Dra. Hj. Ratna, M.Si., dan Muh. Alim Marhadi, S.Pd., M.Pd).
Telah dilakukan penelitian Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Watopute Pada Materi Sistem Koloid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri1 Watopute setelah diajar dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry pada materi sistem koloid, 2) Efektifitas belajar siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Watopute setelah diajar dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry pada materi sistem koloid, dan 3) Respon siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri Watopute terhadap Model Pembelajaran Inquiry pada materi sistem koloid. Metode penelitian ini adalah pre eksperimen dengan menggunakan One Group Pre test-Post test Design. Subyek penelitian ini berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian Pre Test dan Posttest dengan instrument penelitian berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 butir soal, lembar observasi aktivitas siswa serta lembar observasi aktvitas guru dalam pembelajaran, dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukan bahwa :1) Hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Watopute setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran inquiry pada pokok bahasan Sistem Koloid yakni pre-test sebesar 25,17 dan post-test sebesar 76,07, 2) Efektivitas belajar siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Watopute setelah diajar dengan model pembelajaran inquiry dengan materi sistem koloid adalah tergolong dalam kategori “sedang” yakni nilai rata-rata 0,67, dan 3) Respon siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Watopute setelah diajar menggunakan model pembelajaran inquiry pada materi sistem koloid adalah sebesar 73,07 tergolong dalam kategori “baik”.
Kata Kunci :Inquiry, Hasil Belajar, Sistem Koloid
|