ABSTRAK
SRIDAYANTI LANDAUPE, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI IPA SMAN 1 Menui” (dibawah bimbingan Ibu Maysara, S.Pd., M.Pd dan Bapak Esnawi, S.Pd., M.Pd)
Telah dilakukan penelitian berjudul Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Menui. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Menui pada materi larutan penyangga dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Subyek penelitian adalah kelas XI IPA dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengambilan data dilakukan melalui pemberian tes hasil belajar untuk setiap siklus berupa lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dari segi hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Menui pada hasil tes siklus I siswa yang tuntas dalam pembelajaran sebanyak 8 orang siswa atau 28% dan pada siklus II sebanyak 21 orang siswa atau 84%. Dari segi keterlaksanaan pembelajaran untuk siklus I mencapai 91,67% oleh guru dan 75% oleh siswa, siklus II mencapai 95,83% oleh guru dan 91,67% oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disumpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Menui. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan dari segi hasil belajar kimia siswa maupun dari segi keterlaksanaan pembelajaran dan telah memenuhi standar ketuntasan belajar dan indikator kinerja.
Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, hasil belajar, larutan penyangga
|