ABSTRAK
NUR IRMALENA NASIR (A1B114062). Faktor-Faktor Penyebab Konflik interpersonal Siswa dan upaya Penanggulangannya (Studi kasus di SMK Negeri 2 Kendari). Dibimbing oleh Aspin, S.Ag., M.Si, dan Alber Tigor Arifyanto, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab konflik interpersonal siswa dan upaya penanggulangannya di SMK Negeri 2 Kendari. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, kepala sekolah, wali kelas, dan siswa SMK Negeri 2 Kendari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil Penelitian adalah faktor-faktor yang memengaruhi siswa konflik interpersonal dikalangan siswa SMK Negeri 2 Kendari adalah faktor diri siswa ialah siswa mudah tersinggung, Gangguan emosional/ perasaan, dan tidak ingin dipandang rendah atau di anggap remeh oleh teman-temannya atau kelompok pelajar lainnya, kemudian faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan pergaulan siswa. Upaya penanggulangannya dengan layanan informasi dan layanan mediasi.
Kata kunci : faktor-faktor penyebab konflik, upaya penanggulangan
|