ABSTRAK
EFA RAHMAWATI (C1A114298) Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Halu Oleo, dengan Judul Analisis Kemampuan Aparat Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan E-KTP Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buton Tengah. Di bimbing oleh bapak Muh. Nasir, selaku Sembimbing I dan bapak Saidin selaku pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Kemampuan Aparat Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan E-KTP Pada Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Buton Tengah.
Penelitian ini di lakukan pada wilayah Kabupaten Buton Tengah dengan lokasi penelitian Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buton Tengah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang di dukung data berupa tabel-tabel dan data yang di peroleh dari wawancara, observasi langsung dan dokumentasi. Pengumpulan Data di lakukan dengan cara purposive sampling, dengan jenis data berupa data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan aparat dalam meningkatkan kualitas pelayanan E-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buton Tengah disimpulkan bawah kemampuan aparat dalam meningkatkan pelayanan E-KTP dari segi kemampuan teknis, kemampuan berinteraksi, kemampuan konseptual, terlihat baik walaupun masi terdapat masalah dimana pegawai yang menjalankan tugas dalam melakukan pelayanan tidak sesuai dengan disiplin ilmu yang dimilki. Namun optimalisasi dalam peningkatan kualitas pelayanan terus dilakukan. Adapun Faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan E-KTP pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buton Tengah terbagi menjadi dua yaitu faktor positif (mendukung) dan faktor negatif (menghambat). Adapun faktor positif terdiri dari struktur organisasi, kemampuan pegawai, sistem pelayanan dan internet, sedangkan faktor negatif yaitu sarana dan prasarana, tidak ada kotak saran dan IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat) tidak terukur.
Kata kunci: Kemampuan Aparat, Kualitas Pelayanan
|