ABSTRAK
Wa Ode Rahayu, 2018. Implementasi Keterapilan Dasar Mengajar Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di SMP Negeri 9 Pasarwajo. Skripsi. Universitas Halu Oleo. Pembimbing (I)Muliha Halim Pembimbing (II) Edy Karno.
Penelitian Ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi keterampilan dasar mengajar guru IPS di SMP Negeri 9 Pasarwajo. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptis dengan pendekatan fenomenologi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari subjek (Guru IPS) dan Informan (siswa) melalui hasil observasi, transkrip wawancara dan studi dokumen serta reduksi data dan penyajian data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan implementasi keterampilan dasar mengajar guru IPS di SMP Negeri 9 Pasarwajo dapat disimpulkan bahwa dari 8 (elapan) keterampilan dasar mengajar, yang diterapkan oleh guru hanya 6 (enam) keterampilan yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran berdasarkan, keterampilan menjelaskan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan bartanya, keterampilan memberi penguatan, dan keterampilan mengelola kelas, sedangkan 2 keterampilan mengajar tidak diterapkan yaitu keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Hal ini dikarenakan guru IPS belum menggunakan metode mengajar yang mengharuskan untuk menggunakan keterampilan tersebut.
Berdasarkan penelitian ini maka secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru IPS di SMP Negeri 9 Pasarwajo belum di terapkan sepenuhnya.
Kata kunci : keterampilan dasar mengajar guru
|