Pilih Bahasa  
Book's Detail
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bagian Tumbuhan Dengan Fungsinya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Di Kelas IV SDN 12 Kendari Barat

ABSTRAK

NURJANA (A1B313115) “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Bagian Tumbuhan dengan Fungsinya melalui Pengamatan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Students Team Achievement Division (STAD) siswa Kelas IV SDN Kendari Barat”. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Halu Oleo. Pembimbing: 1 Dr. I Ketut Suardika, S.Pd,M.Si. dan Pembimbing 2 Dr. Muh.Yasin, S.Pd. M.Pd.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Siswa materi bagian tumbuhan dengan fungsinya melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) di kelas IV SDN Kendari Barat,serta bagaimana upaya meningkatkan keaktifan belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Studen Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV SDN 12 Kendari Barat tahun pelajaran 2017/2018.
Jenis Penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model kooperatiftipe Student Team Achievement Division (STAD).Metode Penelitian ini disetting dalam dua siklus untuk mencapai target keberhasilan dengan melalui tahapan-tahapan perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi sampai mencapai tujuan yang ditetapkan Siswa dalam kelompok diharuskan bekerja sama untuk menyelesaikan materi yang diberikan oleh guru untuk dicari pemecahannya. Kelompok yang dibentuk merupakan kelompok yang heterogen, terutama dalam hal akademik, di mana terdapat siswa yang memiliki kemampuan akademik yang tinggi, sedang, dan kemampuan yang rendah. Kriteria kelompok heterogen tersebut dapat ditambahkan dengan perbedaan dalam jenis kelamin, suku, maupun ras.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD. Hal ini dapat dilihat pada,Aktivitas guru pada siklus I baru mencapai persentase 68,75% meningkat pada siklus II menjadi 94%. Begitu pula aktivitas siswa pada siklus I hanya 58,4% meningkat pada siklus II menjadi 92%. Peningkatan aktivitas guru dan aktivitas siswa pada pembelajaran kooperatiftipe STAD membawa dampak positif pada hasil belajar siswa, berdasarkan hasil tes tindakan siklus I, ketuntasan klasikal mencapai 60,8% atau baru ada 13 siswa dari 25 siswa yang tuntas KKM atau memperoleh nilai ≥ 60, dengan nilai rata-rata 56,5. Meningkat pada siklus II menjadi 80,8% tuntas secara klasikal, artinya sudah 21 siswadari 25 siswa tuntas KKM, dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 66,5. Dari hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklust elah mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah yakni minimal 80% siswa harus mencapai nilai≥ 60 maka, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Siswa materi bagian tumbuhan dengan fungsinya di kelas IV SDN 12 Kendari Barat.

Kata kunci: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bagian Tumbuhan dengan Fungsinyam Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Nurjana - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN
Subyek Pend.Guru Sekolah Dasar
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FKIP/PGSD
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit UHO KENDARI
Deskripsi Fisik xi,57 hal,;28 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...