ABSTRAK
SARIATI (A1A313096). “Peranan Wali Kelas Dalam Pembinaan Moral Siswa SMA Negeri 1 Kapontori)” . Di bawah bimbingan Hamuni, selaku pembimbing I dan Wa Ode Reni, selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peranan wali kelas dalam pembinaan moral siswa di SMA Negeri 1 Kapontori, (2) untuk mengetahui hambatan yang dialami wali kelas dalammelakukan pembinaan moral siswa di SMA Negeri 1 Kapontori.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kapontori Kabupaten Buton. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 33 orang, dengan rincian: 1 orang kepala sekolah, 1 orang wakil kepala sekolah bidang kurikulum, 1 orang wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, 15 orang wali kelas dan 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan(library research), dan penelitian lapangan(field research) dengan menggunakan 3 cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah: (1) peranan pembinaan moral siswa SMA Negeri 1 Kapontori Kabupaten Buton adalah: wali kelas mewakili orang tua dan kepala sekolah dalam lingkungan pendidikan; meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa; membantu mengembangkan kecerdasan anak didik; mempertinggi budi pekerti dan kepribadian anak; melakukan penilaian tingkah laku anak didik sehari-hari di sekolah; mengetahui kehadiran anak didiknya; mengetahui masalah-masalah anak didiknya; meningkatkan kerajinan, ketekunan, kesantunan dan kepribadian siswa; pemanggilan orang tua/wali apabila dibutuhkan; membina suasana kekluargaan dengan siswa. (2) hambatan wali kelas dalam pembinaan moral siswa SMA Negeri 1 Kapontori Kabupaten Buton adalah adalah: Kurangnya partisipasi guru membantu tugas wali kelas dalam pembinaan moral siswa, Pembinaan moral terhadap siswa perwalian terkesan monoton, dan kurangnya kesadaran sebagian guru di sekolah sebagai mitra wali kelas untuk melakukan pembinaan moral siswa di sekolah.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: pembinaan moral siswa yang dilakukan oleh wali kelas SMA Negeri 1 Kapontori dengan cara memperlakukan siswa dengan baik, membina hubungan yang harmonis antara siswa dan wali kelasnya. Hambatan dalam pembinaan moral yaitu pengaruh dari teman sebaya dan kurangnya kesadaran diri dari siswa itu sendiri.
Kata Kunci: Peranan wali kelas, pembinaan moral, hambatan pembinaan moral
|